Al-Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf
an-Nawawi (Imam an-Nawawi) rahimahuLlahu ta’ala (semoga Allah merahmati beliau)
mengatakan bahwa menurut ‘ulama` asy-Syafi’iyyah (ber-madzhab Imam Syafi'i) do’a qunut
dalam sholah Shubuh hukumnya sunnah muakkad (sangat dianjurkan).
Sayyidina Anas bin Malik radhiyaLlahu ‘anhu
(semoga Allah ridho kepada beliau) bercerita, “RasuluLlah shallaLlahu ‘alayhi
wasallam selalu membaca do’a Qunut dalam sholat Shubuh hingga beliau meninggal
dunia.” [H.R. Imam al-Hakim, Imam Ahmad, Imam ad-Daruquthni, Imam
al-Baihaqi, dan lainnya, dengan sanad yang shohih; dishohihkan pula oleh Imam
an-Nawawi]
Diriwayatkan dari Sayyidina Muhammad bin
Sirin, beliau berkata, “Aku bertanya kepada Sayyidina Anas bin Malik
radhiyaLlahu ‘anhu (semoga Allah ridho kepada beliau), ‘Apakah RasuluLlah
shallaLlahu ‘alayhi wasallam qunut pada sholat Shubuh?’ Beliau menjawab, ‘Ya,
sesaat setelah ruku’.’” [Shohih Imam Muslim, nomor hadits 298]
Diriwayatkan dari Sayyidina Abu Huroiroh
radhiyaLlahu ‘anhu (semoga Allah ridho kepada beliau) bahwa RasuluLlah
shallallahu ‘alayhi wasallam qunut setelah bangkit dari ruku’ roka’at kedua
sholat Shubuh. [H.R. Ibn Nashr dengan sanad yang shohih]
Banyak sekali sahabat Nabi rodhiyaLlahu
‘anhum ajma’in (semoga Allah ridho kepada beliau semua) yang ngamalin
(melakukan) qunut dalam sholat Shubuh, di antaranya adalah Khulafa`ur Rosyidin:
Sayyidina Abu Bakr ash-Shiddiq, Sayyidina ‘Umar bin al-Khoththob, Sayyidina
‘Utsman bin ‘Affan, dan Sayyidina ‘Ali bin Abi Tholib; serta Sayyidina Abu Musa
al-Asy’ari, juga Sayyidina ‘AbduLlah bin ‘Abbas rodhiyaLlahu ‘anhum ajma’in
(semoga Allah ridho kepada beliau semua). Keterangan tentang itu ada di
berbagai riwayat.
Habibunal-Mahbub Sulthonul-Qulub al-Habib
Mundzir bin Fu`ad bin ‘Abdirrohman al-Musawa ‘alayhi rahmatuLlah (semoga rahmat
Allah terlimpah kepada beliau) menyebutkan bahwa terdapat perbedaan pendapat
(ikhtilaf) para Imam Madzhab rahimahumuLlahu ta’ala (semoga Allah merahmati
beliau semua) mengenai pembacaan do’a qunut, namun—satu hal—tidak ada yang
mengharamkan qunut dibaca setiap sholat Shubuh. Pendapat-pendapat tersebut
merupakan ijtihad para Imam yang mengeluarkan pendapat tersebut dengan sekian
banyak pertimbangan dan dengan keluasan ilmu syari’ah yang mendalam, dan telah
diakui pula oleh puluhan Imam dan ratusan penghafal hadits dan muhadditsin
setelah beliau-beliau.
![]() |
Makam al-Imam an-Nawawi di Kota Nawa, Syiria http://www.flickr.com/photos/8043726@N06/496642656/ |
Ada satu persoalan yang perlu disampaikan
di sini: ada hadits yang menyatakan bahwa RasuluLlah shallaLlahu ‘alayhi
wasallam membaca do’a qunut selama sebulan untuk mendo’akan kecelakaan bagi
sebagian orang Arab, kemudian beliau meninggalkannya (tidak membaca do’a
qunut). Mengenai hal tersebut, baik sekali jika kita perhatikan keterangan di
bawah ini.
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَنَتَ النَّبِيُّ صَلَّى اللّـهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا
مُتَتَابِعًا فِى الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ وَالصُّبْحِ فِيْ
دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ إِذَا قَالَ سَمِعَ اللّـهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فِى الرَّكْعَةِ
اْلأَخِيْرَةِ يَدْعُوْا عَلى حَيٍّ مِنْ بَنِيْ سَلِيْمٍ عَلى رَعْلٍ وَذَكْوَانَ
وَعَصِيَّةٍ وَيُئَمِّنُ مَنْ خَلْفَهُ .
Dari Sayyidina ‘AbduLlah bin ‘Abbas
radhiyaLlahu ‘anhuma (semoga Allah ridho kepada beliau berdua), beliau berkata,
“Nabi Muhammad shallaLlahu ‘alayhi wasallam membaca do’a qunut selama sebulan berturut-turut
pada waktu sholat Zhuhr, ‘Ashr, Maghrib, ‘Isya`, dan Shubuh, di ujung semua
sholat. Ketika beliau mengucapkan “Sami’aLlahu li man hamidah” pada roka’at
terakhir, beliau membaca do’a qunut dengan berdo’a untuk mengutuk perkampungan
Bani Salim, juga untuk Suku Ri’l, Dzakwan, dan Ushoyyah, sedangkan para ma`mum
di belakang beliau mengamini.” [Shohih Imam Ibnu Khuzaimah]
Adapun alasan RasuluLlah shallaLlahu
‘alayhi wasallam mengutuk suku-suku tersebut adalah karena mereka telah
membunuh banyak kaum muslimin pada peristiwa Bi`r Ma’unah, seperti disebutkan
pula dalam hadits berikut ini:
عَنْ
أَنَسِ ابْنِ مَالِكٍ قَالَ دَعَا رَسُوْلُ اللّـهِ صَلَّى اللّـهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
عَلَى الَّذِيْنَ قَتَلُوْا أَصْحَابَ بِئْرِ مَعُوْنَةَ ثَلاَثِيْنَ صَباحًا يَدْعُوْ
عَلى رَعْلٍ وَذَكْوَانَ وَلَحْيَانَ وَعَصِيَّةٍ عَصَتِ اللّـهَ وَرَسُوْلَهُ .
Dari Sayyidina Anas bin Malik radhiyallahu
‘anhu (semoga Allah ridho kepada beliau), beliau berkata, “RasuluLLah
shallallahu ‘alayhi wasallam berdo’a untuk orang-orang yang mati syahid dalam
tragedi Bi`r Ma’unah dalam waktu tiga puluh kali sholat Shubuh. Beliau mengutuk
kaum Ri’l, Dzakwan, Lihyan, dan Ushoyyah, yang telah berbuat durhaka kepada
Allah dan Rasul-Nya.” [H.R. Imam Muslim]
Kemudian, mari kita simak pula hadits
berkut ini—hingga akhir hadits:
عَنْ
أَنَسِ ابْنِ مَالِكٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللّـهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ
شَهْرًا يَدْعُوْ عَلَيْهِمْ ثُمَّ تَرَكَهُ فَأَمَّا فِى الصُّبْحِ فَلَمْ يَزَلْ
يَقْنُتُ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا .
Dari Sayyidina Anas bin Malik radhiyaLlahu
‘anhu (semoga Allah ridho kepada beliau), sesungguhnya Nabi Muhammad
shallaLlahu ‘alayhi wasallam melakukan qunut selama sebulan, beliau mengutuk
mereka (kaum yang zholim), kemudian beliau meninggalkannya. Adapun pada waktu
sholat Shubuh, beliau tetap melakukannya sampai beliau wafat.” [H.R. Imam
al-Baihaqi]
Imam al-Baihaqi meriwayatkan dari al-Hafizh
‘Abdurrohman bin Mahdi bahwa beliau berkata mengenai hadits yang diriwayatkan
oleh Sayyidina Anas bin Malik radhiyaLlahu ‘anhu (semoga Allah ridho kepada
beliau) di atas, “RasuluLlah shallaLlahu ‘alayhi wasallam qunut selama sebulan,
kemudian meninggalkannya.” Kata beliau, “Yang ditinggalkan RasuluLlah
shallaLlahu ‘alayhi wasallam itu adalah melaknat.”
Dengan mempertimbangkan hadits-hadits
shohih di awal, as-Sayyid Hasan bin ‘Ali as-Saqqaf mengatakan, hadits yang
menyatakan bahwa RasuluLlah shallaLlahu ‘alayhi wasallam membaca do’a qunut
selama sebulan untuk mendo’akan kecelakaan bagi sebagian orang Arab kemudian
meninggalkannya, tidak bertentangan dengan hadits-hadits shohih tentang pembacaan
do’a qunut dalam sholat Shubuh—yang telah disebutkan di awal tadi. RasuluLlah
shallaLlahu ‘alayhi wasallam berhenti melaknat kaum tersebut dalam qunut,
tetapi beliau shallaLlahu ‘alayhi wasallam tidak meninggalkan qunut sama
sekali. Qunut Shubuh tetap ada, tetap dilakukan RasuluLlah shallaLlahu ‘alayhi
wasallam. Yang tidak ada (yang ditinggalkan RasuluLlah shallaLlahu ‘alayhi
wasallam) adalah qunut yang melaknat—yang dalam konteks hadits tersebut adalah mendo’akan
kecelakaan untuk beberapa suku Arab yang telah membunuh banyak muslimin pada
peristiwa Bi`r Ma’unah.
Berikut ini adalah do’a qunut yang masyhur
dibaca pada sholat Shubuh:
اَللّـهُمَّ
اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ
تَوَلَّيْتَ ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ ، وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ ،
فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ ، فَلَكَ الْحَمْدُ
عَلى مَا قَضَيْتَ ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ، وَصَلَّى اللّـهُ عَلى
سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلى الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
.
Ya Allah, berikanlah petunjuk kepadaku sebagaimana
orang yang telah Engkau beri petunjuk, anugerahkanlah kesehatan kepadaku sebagaimana
orang yang telah Engkau anugerahkan kesehatan, bimbinglah aku sebagaimana orang
yang telah Engkau bimbing, berkahilah segala sesuatu yang telah Engkau berikan padaku,
lindungilah aku dari keburukan yang telah Engkau tentukan. Sesungguhnya Engkau
yang Maha Menentukan takdir, dan tiada yang menentukan takdir untuk-Mu. Tidak
akan hina orang yang Engkau lindungi, dan tidak akan berjaya orang yang Engkau
musuhi. Mahamulia Engkau dan Mahaluhur. Segala puji bagi-Mu atas apa yang
Engkau tentukan. Aku mohon ampun dan aku bertaubat kepada-Mu. Semoga Allah
melimpahkan sholawat dan salam kepada Sayyidina Muhammad—nabi yang
ummiy—beserta keluarga dan para sahabat
beliau.
Do’a tersebut diriwayatkan dari Sayyidina
Hasan bin ‘Ali rodhiyaLlahu ‘anhuma (semoga Allah ridho kepada beliau berdua).
Ketika menjadi imam, kita disunnahkan untuk
membaca do’a qunut dalam redaksi plural/jamak (yakni Allaahummahdinaa fiiman
hadayt, wa ‘aafinaa fiiman ‘aafayt, dan seterusnya). Seorang imam dimakruhkan
membaca do’a dengan menggunakan redaksi tunggal/sendiri, karena dengan begitu
berarti ia mengkhususkan do’a yang dibacanya tersebut hanya untuk dirinya
sendiri tanpa menyertakan yang lain, yakni ma`mum yang dipimpinnya. Jika
seorang imam tetap membaca do’a dengan menggunakan redaksi tunggal/sendiri,
maka do’a yang dibacanya tersebut dianggap sudah terpenuhi, akan tetapi
hukumnya—seperti yang telah dikemukakan tadi—makruh.
![]() |
Habibana Mundzir bin Fu`ad bin 'Abdirrohman al-Musawa http://syiarmajelis.blogspot.com/2012/03/ebook-ceramah-habib-munzir-al-musawa_13.html |
Mengangkat kedua tangan dalam do’a Qunut
itu disunnahkan. Hal tersebut berdasarkan hadits-hadits dan atsar-atsar. Adapun
hukum mengusapkannya ke wajah adalah ja`iz (boleh). Tidak ada dalil yang khusus
tentang mengusapkan kedua tangan ke wajah dalam qunut, namun mengusap tangan
dalam berdo’a secara mutlak dibolehkan, dalilnyapun ada.
Diriwayatkan secara kuat (tsabit) dari
RasuluLlah shallaLlahu ‘alayhi wasallam adanya mengusap wajah setelah selesai
berdo’a. Sayyidina ‘Umar bin al-Khoththob radhiyaLlahu ‘anhu (semoga Allah ridho
kepada beliau) berkata, “Ketika RasuluLlah shallaLlahu ‘alayhi wasallam
menengadahkan tangan beliau dalam berdo’a, beliau baru menurunkan tangan
setelah mengusapkannya ke wajah beliau.” [H.R. Imam at-Turmudzi]
Sayyidina Muhammad bin Syihab az-Zuhri radhiyaLlahu
‘anhu (semoga Allah ridho kepada beliau) meriwayatkan, “Ketka berdo’a,
RasuluLlah shallaLlahu ‘alayhi wasallam mengangkat kedua tangan beliau sejajar
dengan dada beliau, kemudian beliau mengusapkannya ke wajah beliau.” [H.R. Imam
‘Abdurrozzaq]
Terkait dengan hadits RasuluLlah
shallaLlahu ‘alayhi wasallam yang disampaikan Sayyidina ‘Umar bin al-Khattab radhiyaLlahu
‘anhu (semoga Allah ridho kepada beliau) di atas, al-Amir as-Shon’ani
menjelaskan, “Hadits tersebut mengandung dalil disyari’atkannya mengusap wajah
dengan kedua tangan setelah selesai berdo’a. Menurut sebuah riwayat, Allah
subhanaHu wata’ala tidak akan membiarkan tangan yang ditengadahkan itu hampa.
Dia (Allah subhanaHu wata’ala) melimpahkan rahmat-Nya ke tangan tersebut.
Kemudian, tangan itu diusapkan ke wajah, supaya rahmat-Nya tadi diterima oleh
wajah yang merupakan anggota badan yang paling mulia dan paling berhak untuk
dimuliakan.”
Untuk kita—ber-madzhab Imam Syafi’i—yang
berpegangan bahwa membaca do’a qunut pada sholat Shubuh itu sunnah, jika suatu
saat lupa membacanya, maka sholat Shubuh kita tidaklah batal, namun kita
dianjurkan melakukan sujud sahwi.
Al-Imam al-Hasan al-Bishri rahimahuLlahu
ta’ala (semoga Allah merahmati beliau) berkata, “Jika seseorang lupa membaca
do’a Qunut, hendaklah ia sujud sahwi dua kali.”
Diriwayatkan dari ‘Atho`, “Barangsiapa yang
berpendapat bahwa qunut itu sunnah, kemudian suatu ketika ia tidak ber-qunut,
maka hendaklah ia sujud sahwi dua kali.”
![]() |
Sholat di Masjidil Harom, Makkah al-Mukarromah http://madawis.blogspot.com/2013/08/4-azmatkhan-yang-pernah-menjadi-imam.html |
Ada soalan lain yang baik sekali untuk
disampaikan pula pada kesempatan ini. Bagaimana jika kita yang rutin membaca
do’a qunut tiap sholat Shubuh pergi haji atau umroh, sementara para Imam sholat
di Masjidil Harom dan di Masjid Nabawi tidak membacanya? Guru kita, al-Marhum al-Maghfurlah
Habibunal-Mahbub Sulthonul-Qulub al-Habib Mundzir bin Fu`ad bin ‘Abdirrohman
al-Musawa ‘alayhi rahmatuLlah (semoga rahmat Allah terlimpah kepada beliau) memberikan
keterangan sebagai berikut:
“Umat Islam di Indonesia pada umumnya
ber-madzhab Syafi’i. Guru-guru kita sanad keguruannya sampai kepada Imam
asy-Syafi’i, dan sanad beliau-beliau sampai kepada Imam al-Bukhori hingga
RasuluLlah shallallahu ‘alayhi wasallam. Benar bahwa kita mesti menyesuaikan
dengan keadaan. Bila di Makkah, misalnya, kita menggunakan Madzhab Imam Abu
Hanifah karena di sana kebanyakan ber-madzhab Hanafi. Atau menggunakan Madzhab
Imam Malik di Madinah karena kebanyakannya ber-madzhab Maliki. Selayaknya kita
mengikuti madzhab setempat, agar tak menjadi fitnah.
“Berpindah-pindah madzhab boleh-boleh saja
bila sesuai situasinya. Jika seseorang pindah atau bepergian ke wilayah
Malikiyyun (masyarakat yang ber-madzhab Maliki) maka tak sepantasnya ia
bersikukuh dengan—misalnya—Madzhab Syafi’i yang dipegangnya sehari-hari.
Demikian pula bila ia berada di Indonesia yang merupakan wilayah Syafi’iyyun
(masyarakat ber-madzhab Syafi’i), tak sepantasnya pula ia berkeras kepala
mencari madzhab lain.”
![]() |
Prof. Dr. al-Muhaddits al-Musnid Abuya as-Sayyid Muhammad bin 'Alwi bin 'Abbas al-Maliki http://penaal-azhari.blogspot.com/2011/05/wasiat-abuya-sayyid-muhammad-bin-alawi.html |
Di kota Makkah al-Mukarromah ada seorang
‘ulama` bernama al-Marhum al-Maghfurlah Prof. Dr. al-Muhaddits al-Musnid Abuya as-Sayyid Muhammad bin 'Alwi bin 'Abbas al-Maliki rahimahuLlahu ta’ala (semoga Allah merahmati beliau). Banyak sekali
‘ulama` Indonesia yang belajar kepada beliau. Beliau sangat menyukai dan
menggandrungi Madzhab Imam Malik, namun jika beliau memberikan pengajaran
kepada para pelajar yang berasal dari Indonesia, beliau mengajarkan materi
pengajaran Madzhab Imam Syafi’i. Mengapa? Beliau mengetahui penduduk Indonesia
berpegangan kepada Madzhab Imam Syafi’i. Beliau menyadari bahwa apabila beliau
mengajarkan Madzhab Imam Malik kepada para pelajar Indonesia, maka hal tersebut
berpotensi menimbulkan kegaduhan sepulangnya para pelajar tersebut ke Indonesia
untuk mengamalkan, mengajarkan, dan menyebarluaskan ilmu yang telah didapatnya
itu.
Guru kita, al-Marhum al-Maghfurlah K.H.
Sabilarrosyad—sanad keguruan beliau menyambung kepada al-Marhum al-Maghfurlah
K.H. Muhammad Syafi’i Hadzami dan al-Marhum al-Maghfurlah al-Habib ‘Ali bin
Husain al-‘Aththos ‘alayhim rahmatuLlah (semoga rahmat Allah terlimpah kepada
beliau semua), pernah memberi pesan kepada jama’ah yang hendak menunaikan
ibadah haji untuk menghormati masyarakat setempat. Untuk sementara waktu,
selagi menunaikan ibadah haji, berpeganglah pada Madzhab Imam Malik. Nanti,
saat kembali ke tanah air, gunakan kembali Madzhab Imam Syafi’i.
Demikianlah guru-guru kita mengajarkan sekaligus
mengamalkan untuk menghormati masyarakat sekitar, menjunjung langit di mana
bumi dipijak. Semoga manfaat. Mohon koreksi tulisan hamba. WaLlahu A’lam.
No comments:
Post a Comment